![]() |
Credit Photo: Freepik |
Seperti yang kita ketahui saat ini perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor perbankan. Transformasi digital telah mengubah cara bank beroperasi dan berinteraksi dengan nasabah.
Kalau kamu bisa menghitung sudah berapa bank digital yang lahir di Indonesia, maka hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi. Tidak hanya hadir di Indonesia, bank digital juga hadir di luar negeri dengan tujuan memberi kemudahan dan layanan lebih kepada para nasabahnya.
Oleh karena itu kamu bisa perhatikan banyak sekali bank digital yang memberikan fasilitas promo kepada para nasabahnya. Sebut saja promo cicilan dengan bunga ringan, suku bunga yang cukup bersaing hingga fitus investasi di dalam bank digital tersebut.
Perbankan digital, dengan segala inovasinya, menawarkan kemudahan, kecepatan, dan efisiensi yang sebelumnya tidak terbayangkan oleh kita sebagai nasabah.
Mengenai Lebih Dekat Dengan Bank Digital
Mengenai Lebih Dekat Dengan Bank Digital
Penulis merasa hampir sebagian besar masyarakat Indonesia paham mengenai definisi bank digital. Namun untuk lebih jelasnya maka coba kita artikan apa itu bank digital secara lebih terperinci.
Bank digital merupakan lembaga keuangan yang menyediakan layanan perbankan secara daring (online) melalui aplikasi seluler. Bank digital tidak memiliki kantor cabang fisik sehingga apabila nasabah punya pertanyaan atau keluhan seputar tabungan digital yang dimilikinya, bisa menghubungi Customer Service via sambungan WhatsApp ataupun telepon.
Di Indonesia sendiri ada banyak bank digital sebut saja BLU, Bank Jago, SeaBank, Jenius, Allo Bank dan masih banyak lagi. Nasabah cukup mengunduh aplikasi bank digital yang diinginkan lalu daftar sebagai nasabah secara online.
Beberapa ciri-ciri bank digital yang menjadi pembeda dengan bank konvensional antara lain:
1. Layanan Sepenuhnya Digital
1. Layanan Sepenuhnya Digital
Pada bank digital, seluruh proses perbankan, mulai dari pembukaan rekening, transfer dana, pembayaran tagihan, hingga pengajuan pinjaman, dilakukan secara digital sehingga kita tidak perlu bertatap muka dengan Customer Service bank digital tersebut.
Apabila ada keluhan pun, kita langsung menghubungi layanan Customer Service online atau melalui email bank digital yang tertera.
2. Tanpa Kantor Cabang Fisik
Jika beberapa tahun lalu, kita terpaksa harus antri apabila ingin menarik uang atau menabung namun sekarang keberadaan bank secara fisik sudah tergantikan oleh bank digital sehingga sangat mempermudah manusia dalam melakukan transaksi keuangan.
Bank digital tidak memiliki kantor cabang layaknya bank konvensional sehingga mengurangi biaya operasional dan memungkinkan bank menawarkan layanan dengan biaya yang lebih rendah seperti misalnya tidak adanya biaya admin pada beberapa bank digital.
Bank digital juga sangat mengutamakan pengalaman pengguna atau yang biasa disebut dengan user experience yang mudah digunakan. Bahkan apabila bank digital sedang melakukan maintenance, seluruh nasabah akan mendapat pengumuman melalui email dimana untuk sementara waktu tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.
3. Inovasi Teknologi
Bank digital sering kali menggunakan teknologi terbaru, dalam upaya untuk meningkatkan layanan dan keamanan. Tentu saja layanan maksimal diperuntukkan untuk seluruh nasabah agar merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi keuangan.
Layanan perbankan digital dapat diakses kapan saja dan di mana saja, selama ada koneksi internet sehingga lebih fleksibel. Selama 24 jam kita bisa melakukan transaksi keuangan di bank digital.
Pada beberapa bank konvensional juga menyediakan layanan digital seperti mobile banking. Namun yang menjadi garis besar adalah terdapat perbedaan antara bank digital dan perbankan online.
Perbankan online merupakan layanan yang disediakan oleh bank konvensional melalui platform digital. Sementara itu, bank digital adalah lembaga keuangan yang sepenuhnya beroperasi secara digital.
Perbankan online sebut saja layanan BRImo dari BRI atau Mobile BCA dari BCA dimana keduanya merupakan produk digital dari bank konvensional.
Mau tidak mau diakui oleh sebagian besar masyarakat bahwa mereka sangat terbantu dengan keberadaan bank digital. Beberapa manfaat dengan hadirnya bank digital antara lain:
Mau tidak mau diakui oleh sebagian besar masyarakat bahwa mereka sangat terbantu dengan keberadaan bank digital. Beberapa manfaat dengan hadirnya bank digital antara lain:
- Kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi.
- Biaya layanan yang relatif lebih rendah dibandingkan bank konvensional
- Dapat diakses selama 24 jam penuh tanpa libur
- Inovasi produk dan layanan yang lebih cepat dan beragam jenisnya
Dampak Keberadaan Bank Digital Terhadap Ekonomi Dunia
Secara global, perkembangan teknologi telah mendorong perbankan digital untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi. Layanan perbankan kini dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi seluler dan internet banking. Bahkan kalian yang punya bank digital di Indonesia bisa melakukan transaksi apabila sedang berada di luar negeri tanpa kendala.Bank digital juga menggunakan analisis data dan kecerdasan buatan (AI) untuk memahami kebutuhan nasabah secara lebih mendalam. Hal ini memungkinkan bank untuk menawarkan produk dan layanan yang lebih personal dan relevan.
Otomatisasi proses perbankan pada bank digital akan serta merta mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi sehingga bank dapat fokus pada inovasi dan pengembangan layanan baru untuk para nasabahnya.
Teknologi canggih seperti biometrik dan enkripsi data akan meningkatkan keamanan transaksi perbankan pada bank digital. Sistem deteksi penipuan berbasis AI membantu mencegah aktivitas yang mencurigakan serta mencegah perbuatan oknum tak bertanggung jawab yang hendak meretas data nasabah.
Bank digital menawarkan layanan perbankan sepenuhnya secara daring kepada para nasabahnya. Bank digital sering kali lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan nasabah yang melek teknologi.
Di Indonesia sendiri, dengan populasi yang besar dan tingkat penetrasi internet yang terus meningkat, juga mengalami transformasi signifikan dalam sektor perbankan digital. Nasabah pun sudah banyak yang melirik bank digital sebagai tempat penyimpanan uang baik itu primer atau opsi kedua.
Hadirnya perbankan digital justru membantu meningkatkan inklusi keuangan, terutama di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh bank konvensional. Layanan keuangan digital memungkinkan lebih banyak orang untuk mengakses layanan perbankan dasar.
Transaksi digital pun berkembang pesat dengan adanya bank digital ini. Salah satunya seperti pembayaran melalui dompet digital dan transfer antarbank online pastinya mengalami pertumbuhan pesat.
Dukungan dari infrastruktur digital yang semakin baik dan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan digital tentu menambah kuatnya platform perbankan digital di Indonesia.
Beberapa bank digital di Indonesia terus berinovasi dengan meluncurkan produk dan layanan digital baru, seperti pinjaman daring dan investasi daring. Saat ini edukasi tentang pentingnya investasi sudah begitu kuat di masyarakat sehingga perlu ada inovasi dari bank digital dalam kaitannya dengan produk investasi.
Kerja sama antara bank digital dan perusahaan teknologi finansial (fintech) juga mendorong inovasi tersebut.
Berbicara mengenai perkembangan teknologi yang makin pesat tentu harus diimbangi dengan antisipasi terhadap kejahatan siber karena hal tersebut menjadi tantangan yang lebih besar. Perlu adanya koordinasi dengan semua pihak untuk meningkatkan keamanan sistem perbankan digital.
Tantangan yang dihadapi di Indonesia adalah tingkat literasi digital yang belum merata, oleh sebab itu, edukasi mengenai penggunaan perbankan digital yang aman menjadi sangat penting.
Kesimpulan
Perkembangan teknologi telah membawa perubahan revolusioner dalam sektor perbankan digital, baik di Indonesia maupun di dunia. Meskipun ada tantangan, namun manfaat yang ditawarkan oleh perbankan digital sangat besar, termasuk peningkatan aksesibilitas, efisiensi, dan personalisasi layanan.Dengan terus berinovasi dan meningkatkan keamanan, perbankan digital akan terus memainkan peran penting dalam perekonomian global dan nasional.
Sebagai nasabah tentunya diharapkan kita bisa lebih bijak dengan menabung di bank digital serta memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya. Sebisa mungkin masyarakat selalu mengikuti berita ekonomi dunia terkini karena sedikit banyak berdampak terhadap kondisi perekonomian di negeri sendiri.
Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Perbankan Digital"