Berikut Cara Chek In Pesawat yang Perlu Diketahui




Naik pesawat terbang mungkin merupakan suatu kebiasaan wajar dan biasa bagi sebagian orang yang sering melakukan perjalanan ke luar kota maupun ke luar negeri. Pesawat sendiri merupakan salah satu moda transportasi yang cukup cepat dalam membawa penumpang untuk sampai ke kota tujuan.

Apabila Anda seorang pebisnis yang terbiasa melakukan mobilisasi dari satu kota ke kota lain, bahkan dari satu negara ke negara lain, maka menggunakan pesawat merupakan solusi efektif untuk bisa sampai ke estinasi tujuan.

Namun bagaimana jika penumpang tersebut naik pesawat untuk pertama kalinya, tentu akan bingung dengan prosedur yang harus dilakukan. Jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberi penjelasan secara terperinci bagaimana cara check in pesawat untuk mempermudah Anda.

Tata Cara Check in Pesawat yang Harus Diketahui

Berikut merupakan panduan tentang cara check in pesawat, bagi Anda yang belum pernah naik pesawat:

1. Persiapkan Dokumen 

Dokumen dalam hal ini adalah kartu identitas dan juga tiket pesawat. Pastikan Anda memiliki tiket pesawat, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Apabila Anda ke luar negeri, maka paspor juga wajib disiapkan ketika melakukan check in.

Jika tahun 2020 sampai 2022 diperlukan bukti bahwa Anda sudah melakukan vaksinasi Covid-19, maka tak ada salahnya dokumen kesehatan tersebut dipersiapkan juga.

2. Datang ke Bandara Lebih Awal

Sebisa mungkin jangan sampai terlambat datang ke bandara. Usahakan datang ke bandara 2 sampai 3 jam sebelum jadwal penerbangan untuk penerbangan domestik dan datang 3 sampai 4 jam lebih awal untuk pernebangan internasional.

3. Cari Lokasi Check-In

Ketika memasuki area loket di dalam bandara, pasti ada papan petunjuk yang berisi informasi mengenai loket maskapai penerbangan. Ikuti petunjuk untuk menuju area check-in. 

Beberapa bandara memiliki mesin check-in mandiri atau yang biasa disebut dengan Kiosk Self-Check-In:, dimana Anda dapat melakukan check-in sendiri. 

4. Check-In Melalui Bagian Pasasi di Loket Maskapai

Apabila Anda memilih untuk check-in secara manual di meja maskapai, maka carilah loket yang sesuai dengan maskapai penerbangan Anda. Serahkan dokumen seperti tiket pesawat, kartu identitas, serta dokumen lain yang diperlukan kepada petugas check in. 

5. Bagasi

Apabila membawa barang yang tidak dapat dimasukkan ke kabin pesawat, maka Anda wajib memasukkan bagasi pesawat. Petugas akan melakukan penimbangan dan memberi label barang Anda. Apabila berat barang bawaan penumpang melebihan kuota yang diberikan maka Anda akan dikenai biaya tambahan untuk bagasi.

6. Pemberian Boarding Pass

Setelah proses check-in selesai dan tidak ada kendala, petugas akan memberikan boarding pass kepada penumpang, dimana di dalamnya tercantum nomor kursi dan informasi gate. Apabila penumpang pesawat melakukan check-in online, boarding pass biasanya dikirim melalui email atau aplikasi maskapai.

8. Menunggu di Gate

Gate merupakan pintu keluar untuk masing-masing pesawat. Setiap penumpang memiliki nomor gate masing-masing sesuai  jadwal keberangkatan pesawat. Anda harus sering melihat papan informasi untuk memastikan waktu dan gate keberangkatan agar tidak salah jadwal.

9. Boarding

Ketika pengumuman bahwa pesawat yang akan Anda naikin sudah waktunya boarding, ikuti antrean boarding sesuai dengan kelompok atau nomor yang tertera di boarding pass Anda. Tunjukkan boarding pass beserta identitas Anda kepada petugas boarding sebelum naik ke pesawat.

10. Naik ke Pesawat

Setelah berada di dalam pesawat, cari nomor kursi yang tertera di boarding pass dan duduk di kursi yang sudah sesuai. Apabila kesulitan mencari nomor kursi, Anda bisa bertanya kepada pramugari yang bertugas. 

Semoga penjelasan di atas dapat membantu para penumpang yang baru pertama kali check in pesawat. Selamat terbang!

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Berikut Cara Chek In Pesawat yang Perlu Diketahui"