Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri

 
Belajar Bahasa Inggris
Credit Photo: Pixabay


Saat ini mobilitas antar penduduk di seluruh dunia bisa dibilang sangatlah mudah. Dengan adanya transportasi udara seperti pesawat, didukung dengan harga tiket pesawat yang relatif terjangkau bagi sebagian kalangan, mendorong beberapa orang untuk bisa traveling ke luar negeri.

Selain itu juga saat ini saya melihat di beberapa media sosial, kesempatan untuk mendapat beasiswa kuliah di luar negeri juga semakin dipermudah. Hal inilah yang mendorong sebagian mahasiswa Indonesia untuk berlomba-lomba mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Belum lagi saat ini muncul fenomena beberapa masyarakat kita ada yang memang dengan kesadaran penuh berusaha untuk mencari pasangan dari luar negeri. Usaha dilakukan salah satunya dengan bergabung di aplikasi kencan atau populer disebut dengan Dating App. Hal itu sah-sah saja selama mereka yang berusaha mencari pasangan dari luar negeri tetap waspada agar tidak terhindari dari scam atau penipuan.

Berbicara mengenai Bahasa Inggris, nyatanya saat ini kemampuan berbahasa Inggris seolah menjadi skill wajib yang harus kita miliki. Meskipun kita tidak berencana untuk travelling ke luar negeri, mencari beasiswa ke luar negeri bahkan kita tidak ada niatan mendapatkan pasangan dari luar negeri, namun setidaknya memiliki kemampuan berbahasa Inggris harus tetap dilatih sedini mungkin.

Ada sedikit penyesalan dalam hati saya, manakala selepas SMA, skill berbahasa Inggris tidak dilatih hingga akhirnya belasan tahun, lidah saya seperti kelu ketika melafalkan kosa kata dalam Bahasa Inggris. Padahal dulu ketika duduk di bangku SMP sampai SMA, nilai pelajaran Bahasa Inggris saya cukup tinggi dibanding teman-teman sekelas lainnya.

Bahkan saya pernah coba mengikuti Test TOEFL yang diselenggarakan oleh salah satu lembaha kursus Bahasa Inggris, dan betapa terkejutnya ketika mendapati skor saya terbilang rendah.

Saat ini Bahasa Inggris merupakan bahasa yang banyak digunakan oleh penduduk hampir di seluruh penjuru dunia. Bahkan ketika kamu berada di sebuah negara dimana tidak menguasai bahasa setempat, maka cara efektif untuk bertanya kepada penduduk setempat adalah dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Tidak ada salahnya kita mulai untuk belajar Bahasa Inggris secara mandiri menggunakan platform yang sudah ada, seperti Youtube dan juga media sosial seperti TikTok. Saat ini zaman sudah semakin canggih, bahkan ketika kita kursus Bahasa Inggris saja tidak perlu jauh-jauh ke lokasi kursus seperti yang dulu pernah saya lakukan.

Ada beberapa alasan kenapa Bahasa Inggris masih penting dipelajari sampai sekarang, yaitu:
  • Bahasa Inggris merupakan bahasa internasioanl yang hampir dikuasai oleh sebagian besar penduduk di penjuru dunia
  • Bahasa Inggris banyak diperlukan ketika mencari pekerjaan, melanjutkan pendidikan dan bahkan diperlukan ketika kita travelling
  • Bahasa Inggris hampir selalu ada di setiap bidang seperti pendidikan, kesehatan, teknologi dan masih banyak lagi.

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Efektif di Rumah Saja

Karena perkembangan teknologi sudah semakin canggih, maka sangat disayangkan apabila kita tidak memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Salah satu bentuk memanfaatkan teknologi adalah dengan belajar Bahasa Inggris secara otodidak di rumah saja menggunakan berbagai platform gratis.

Memang saya akui, ketika kita belajar Bahasa Inggris secara otodidak, maka tidak ada mentor yang mendampingi dan memberi arahan apabila dalam proses belajar tersebut terdapat kesalahan yang kita lakukan. Misalnya saja saat kita belajar pelafalan dalam Bahasa Inggris, tentu setidaknya peran mentor diperlukan untuk membantu mengarahkan.

Namun, apabila kamu tidak punya cukup waktu dan juga budget, sementara belajar Bahasa Inggris secara otodidak di rumah saja menggunakan platform gratis bisa menjadi solusi. 

Berikut cara efektif belajar Bahasa Inggris secara otodidak:

1. Cari platform yang mudah dipahami

Bagi saya sendiri, saat ini platform Youtube masih merupakan platform paling efektif untuk bisa memelajari Bahasa Inggris. Meskipun ada media sosial lain seperti Instagram dan TikTok yang juga menyediakan konten belajar Bahasa Inggris, namun Youtube masih menjadi favorit.

Biasanya saya seleksi terlebih dahulu channel Youtube belajar Bahasa Inggris yang mudah dipahami. Diawali dengan percakapan sehari-hari, maka belajar Bahasa Inggris akan terasa lebih mudah.

2. Berlatih setiap hari

Belajar Bahasa Inggris tidak dapat dilakukan secara instan. Kalian harus berlatih selama berbulan-bulan untuk bisa mahir berbahasa Inggris. Yang diperlukan oleh seseorang untuk bisa menguasai Bahasa Inggris adalah dengan berlatih setiap hari, mulai dari kosakata, mendengarkan hingga percakapan.

Demikian sedikit tips dari saya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua yang ingin menambah skill dalam berbahasa Inggris.


Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri"